Oppo

3+ Cara Cek HP Oppo Bekas Terupdate 2024

×

3+ Cara Cek HP Oppo Bekas Terupdate 2024

Share this article

Cara cek HP Oppo bekas perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli produk second. Hal ini berguna agar kalian tidak menyesal di kemudian hari. Mengingat saat ini banyak ponsel Oppo palsu yang beredar di pasaran.

Seperti yang diketahui HP Oppo telah menjadi salah satu android yang paling banyak dicari. Selain karena harganya yang murah, HP ini juga dilengkapi dengan kapasitas RAM yang memadai.

Agar semakin meyakinkan keaslian produk, maka silahkan lakukan Cara cek HP Oppo bekas seperti yang akan kami sampaikan pada penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula

Cara Cek HP Oppo Bekas

Cara cek HP Oppo bekas

Oppo termasuk merk smartphone yang kini paling digandrungi generasi milenial. Sebab brand tersebut telah menawarkan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang terjangkau. 

Keunggulan yang ditawarkan Oppo ini disambut antusias oleh para konsumen. Selain penjualan produk baru yang terus menanjak, penjualan produk bekas pun juga tak kalah saing.

Tingginya minat masyarakat terhadap HP Oppo ini membuat beberapa oknum memanfaatkannya dengan menghadirkan barang atau produk palsu. 

Sudah jelas bahwa adanya produk palsu ini tentu akan merugikan konsumen, karena kualitas ponsel yang lebih rendah dan bahkan terbilang mengecewakan.

Jika tidak ingin rugi saat membeli HP Oppo bekas, kalian tidak perlu khawatir. Sebab kami akan bagikan tutorial Cara cek HP Oppo bekas di bawah ini.

Cara Cek HP Oppo Bekas Dengan Melihat Kondisi Fisik

Jika membeli hp baru, mungkin kalian tidak perlu mengecek fisik hp, namun hal ini wajib dilakukan bagi yang ingin membeli HP second. Lalu, apa saja yang harus di cek ? Berikut diantaranya : 

Cek Body 

Komponen yang pertama kali harus dilihat pastinya body HP. Kalian bisa cek keseluruhan body HP Oppo mulai dari bagian belakang ponsel. Cek dengan seksama, apakah terdapat goresan atau tidak. 

Selanjutnya cek juga di setiap sudut body HP, apakah terdapat bekas terjatuh atau tidak. Pastikan goresan persentasenya jangan sampai 10%. Jika di atas 10%, sebaiknya urungkan niat membeli HP.

Cek Layar 

Layar HP adalah bagian yang paling sensitif pada ponsel. Termasuk juga HP Oppo. Sebab layar HP berfungsi untuk mengoperasikan berbagai macam fitur yang terdapat pada perangkat ponsel

Cek bagian luar layar untuk melihat apakah terdapat retakan atau tidak. Sebab jika ada retakan, kemungkinan lama kelamaan performa sensitivitas ponsel akan berkurang.

Baca Juga : 3+ Cara Reset HP Oppo A5s

Cek Keaslian Charger 

Cara cek HP Oppo bekas

Pastikan juga apakah charger HP Oppo masih original atau tidak. Langkah pertama, perhatikan penampakan adaptor charger yang berfungsi untuk mengisi dan menyimpan muatan listrik.

Ciri charger Oppo original bisa kalian lihat dari adaptor chargernya yang sempurna atau tidak cacat. Kepala charger asli juga lebih halus.

Melihat charger Oppo ori juga bisa dari kabel datanya. Charger asli buatan Oppo mempunyai kabel data dengan tulisan “VOOC” yang jelas.

Pada bagian kepala USB charger memiliki warna yang lebih pudar. Selain itu, logo yang ada di kepala USB juga tidak setajam pada charger versi KW.

Cek Kelengkapan box 

Saat membeli ponsel bekas, salah satunya adalah bukti pembelian oleh pembeli pertama, mintakan kardus pada HP tersebut yang berguna sebagai bukti bahwa produk adalah barang yang asli.

Lalu tanyakan juga kartu garansi. Kartu garansi juga berfungsi untuk melakukan klaim jika ponsel masih masuk dari periode garansi dan menjadi bukti bahwa HP tersebut asli.

Jika ponsel dibeli dari marketplace, maka kalian bisa minta riwayat pembelian HP. Hal ini dapat digunakan sebagai bukti bahwa HP bukanlah barang curian. 

Cara Cek HP Oppo Bekas Dengan Phone Manager 

Sebelum membeli HP Oppo bekas, kalian bisa meminta penjual untuk mengecek apakah ada kerusakan atau tidak dengan menggunakan fitur diagnosa di aplikasi Phone Manager.

Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa kalian ikuti tutorial di bawah ini : 

  1. Buka aplikasi “Phone Manager” di HP Oppo
  2. Di halaman utama, pilih menu “Tools”
  3. Silahkan masuk ke menu “Diagnostics”
  4. Centang semua jenis pengujian yang ada
  5. Selanjutnya, klik tombol “Run diagnostics”
  6. Selama diagnosis, ikuti perintah dari sistem
  7. Jika sudah selesai, sistem akan memperlihatkan kondisi HP

Jika terjadi masalah pada komponen, maka akan muncul pesan yang meminta untuk melaporkannya kepada pihak Oppo. Jika semuanya tidak bermasalah, maka akan muncul pada bagian Normal items.

Baca Juga : 5 Cara Mengunci WA Di HP Oppo Dengan & Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Cek HP Oppo Bekas Dengan No IMEI

Cara cek HP Oppo bekas

Cara cek HP Oppo bekas yang selanjutnya yakni dengan mengecek no IMEI. Pengecekan tersebut berguna untuk memastikan apakah ponsel merupakan HP asli atau HP tiruan. 

Untuk mengetahui no IMEI pada HP Oppo, berikut langkah-langkahnya : 

  1. Buka menu “Telepon” di HP Oppo 
  2. Lalu masukkan no dial di *#06#
  3. Lanjut tekan tombol “panggil”
  4. Tunggu hingga muncul informasi IMEI Oppo 
  5. Buka situs https://support.oppo.com/id/warranty-check/ 
  6. Masukkan no IMEI Oppo yang muncul tadi 
  7. Jika sudah, klik “Periksa Sekarang”
  8. Tunggu hingga informasi mengenai HP Oppo muncul

Cara Cek HP Oppo Bekas Dengan Cek Touchscreen

Selanjutnya jika kalian sudah yakin dengan keaslian produk Oppo yang akan dibeli, maka lanjut periksalah kondisi layar sentuhnya dengan melakukan cek touchscreen.

Dengan pengecekan tersebut akan membantu kalian untuk mengidentifikasi apakah terjadi masalah di dalam fitur layar sentuh sebuah ponsel atau tidak. Berikut prosedurnya : 

  1. Buka aplikasi “Phone” di HP Oppo
  2. Kemudian ketik kode *#899#
  3. Di halaman EngineerMode, klik opsi “manual test”
  4. Klik pilihan “TouchScreen” pada tab “Device Debugging”
  5. Pilih mode pengujian (HandWriting, Verification, dan Touchscreen auto test)

Baca Juga : 2+ Cara Download Tema Oppo Gratis

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa Cara cek HP Oppo bekas. Semoga dapat bermanfaat

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">