Xiaomi

4 Cara Mengecek IMEI Xiaomi Dengan Mudah Terbaru 2024

×

4 Cara Mengecek IMEI Xiaomi Dengan Mudah Terbaru 2024

Share this article

Cara mengecek IMEI Xiaomi sangat penting dilakukan, pasalnya semua smartphone Xiaomi memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Hal ini karena nomor IMEI merupakan identitas ponsel yang berfungsi untuk mencegah penyalahgunaan perangkat saat dicuri orang.

Jika informasi yang ditampilkan berbeda dengan tipe HP Xiaomi yang kalian miliki, maka bisa dipastikan HP tersebut palsu. Oleh sebab itu Cara mengecek IMEI Xiaomi perlu dilakukan. Berikut informasi selengkapnya !

Baca Juga : 4 Cara Mengecek Garansi Xiaomi & Syarat Ketentuan

Fungsi Nomor IMEI

Cara mengecek IMEI Xiaomi

Semua smartphone tak terkecuali Xiaomi memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. IMEI sendiri merupakan nomor identitas yang dirancang untuk mengidentifikasi sebuah ponsel.

Nomor IMEI tersebut biasanya terdiri dari 14 sampai 15 digit yang digunakan untuk memeriksa berbagai informasi dari ponsel, seperti asal ponsel dibuat, pabrikan hingga nomor model dari ponsel.

Selain pengertian singkat yang sudah dijelaskan di atas, terdapat beberapa fungsi lainnya yang juga perlu kalian ketahui. Berikut diantaranya : 

Untuk mengecek garansi HP

Ketika handphone Xiaomi milikmu mengalami kerusakan dan masih memiliki garansi, pasti kalian akan mengklaim garansi tersebut. 

Saat mengklaimnya, biasanya petugas akan akan menanyakan terkait no IMEI, yang nantinya akan dicocokkan dengan database. 

Kemudian akan terlihat apakah ponsel memang masih baru dan dalam masa garansi, bekas atau sebelumnya sudah dilakukan perbaikan.

Membantu melacak ponsel yang hilang

Fungsi no IMEI pada HP selanjutnya adalah untuk membantu melacak HP yang hilang, fungsi yang satu ini tentu akan sangat berguna jika ponsel kalian dicuri. 

Meski caranya cukup ribet dan tidak semua orang dapat melakukannya, namun setidaknya hal ini bisa dijadikan solusi saat ponsel hilang. 

Mengetahui identitas ponsel

Selain untuk melacak ponsel yang hilang, fungsi lainnya dari nomor IMEI adalah untuk mengetahui identitas lengkap dari ponsel. 

Dimana dari nomor tersebut kalian bisa mengetahui mulai dari jenis atau brand HP, tanggal produksi dan informasi penting lainnya.

Baca Juga : 2 Cara Membuat Nama Di Layar Kunci HP VIVO

Cara Mengecek IMEI Xiaomi

Cara mengecek IMEI Xiaomi

Nah setelah pembaca mengetahui pengertian dan fungsi dari nomor IMEI pada ponsel Xiaomi, pasti sekarang kalian ingin memeriksa nomor IMEI pada ponsel kan?

Jangan khawatir, karena pada dasarnya Cara mengecek IMEI Xiaomi cukup mudah. Berikut terdapat beberapa metode yang bisa kalian coba, diantaranya adalah :

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Melalui Pengaturan

Cara cek IMEI Xiaomi melalui pengaturan dapat dilakukan untuk semua handphone tipe Xiaomi baik terbaru dan lama.

Untuk mengetahuinya, kalian bisa masuk pada fitur Tentang Ponsel atau About Phone dan kemudian ikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Buka menu “Pengaturan” di ponsel Xiaomi 
  2. Temukan fitur “Tentang ponsel / About phone”
  3. Scroll ke bawah dan pilih opsi “Status”
  4. Selanjutnya, klik pilihan “Informasi IMEI”
  5. Selamat, kalian bisa melihat informasi IMEI dari HP Xiaomi

Namun perlu diketahui bahwa setiap smartphone Xiaomi memiliki metode yang berbeda untuk mengetahui no IMEI melalui menu pengaturan, meskipun secara garis besar sama.

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Melalui Kode Dial

Cara cek nomor IMEI Xiaomi juga bisa melalui kode rahasia *#06# loh. Metode ini berlaku untuk semua tipe ponsel dengan berbagai tipe. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi “Telepon” di HP Xiaomi
  2. Lalu masuk ke “fitur panggilan telepon”
  3. Kemudian ketik kode dial *#06#
  4. Otomatis akan muncul no IMEI dari HP Xiaomi 

Baca Juga : 3 Cara Update Android 13 VIVO & Fitur

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Melalui Cara Lain

Jika pembaca tidak dapat membuka ponsel, namun sangat membutuhkan nomor IMEI, kalian juga bisa loh menemukan nomor tersebut pada perangkat keras ponsel itu sendiri dengan cara berikut : 

  1. Langkah pertama, buka bagian belakang ponsel 
  2. Kemudian cabut baterai
  3. Nomor IMEI akan ditemukan di bawah baterai ponsel 

Lantas, bagaimanakah jika ponsel kalian memiliki baterai tanam ? Tenang saja, masih ada metode lain untuk menemukan nomor IMEI pada ponsel.

Yakni dengan melalui box ponsel yang kalian dapatkan saat kalian baru membelinya. Biasanya nomor IMEI tersebut akan tertera di kotak handphone. 

Jadi, sebelum membuang kotak ponsel Xiaomi, pastikan terlebih dahulu untuk mencatat no IMEI nya ya. Berikut untuk tutorialnya : 

  1. Langkah pertama, ambil kardus HP Xiaomi
  2. Lalu lihat bagian belakang kardus
  3. Di bagian bawah akan tertera IMEI Xiaomi

Cara Melihat Validasi IMEI

Cara mengecek IMEI Xiaomi

Setelah melakukan Cara mengecek IMEI Xiaomi, langkah selanjutnya yang perlu kalian  lakukan adalah memvalidasi nomor IMEI apakah terdaftar di situs Kemenperin atau tidak. 

Berikut ini Cara melihat validasi IMEI Xiaomi yang bisa dilakukan : 

Cara Melihat Validasi IMEI di Situs Kemenperin

Untuk mengecek keaslian ponsel yang pertama dapat dilakukan yakni melalui situs resmi Kemenperin. Adapun berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti : 

  1. Langkah pertama, buka browser di ponsel kalian
  2. Kunjungi situs resmi Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id
  3. Masukkan digit no IMEI pada kolom yang telah disediakan
  4. Jika sudah, langkah selanjutnya, klik “Search”
  5. Tunggu hingga muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”

Jika terdapat tulisan diatas berarti smartphone Xiaomi kalian dapat dikatakan resmi dan telah terdaftar.

Baca Juga : 2 Cara Menghilangkan Iklan Di HP Xiaomi Tanpa & Dengan Aplikasi

Cara Melihat Validasi IMEI di Situs IMEI.INFO

Selain berguna untuk cek informasi lengkap terkait tanggal rilis, spesifikasi, dan informasi ponsel lainnya, IMEI.INFO juga bisa digunakan untuk melihat keasliannya. Berikut prosedurnya : 

  1. Jalankan browser pada handphone milikmu
  2. Kemudian buka situs “IMEI.INFO”
  3. Ketik kode IMEI di kolom yang tersedia
  4. Langkah selanjutnya, klik “Check”
  5. Lalu tunggu hingga tertera informasi perangkat

Jika sudah muncul informasi sesuai dengan perangkat ponsel milikmu, maka dapat dipastikan bahwa perangkat Huawei tersebut asli.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa Cara mengecek IMEI Xiaomi. Semoga bermanfaat dna dapat membantu.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">