Xiaomi

2+ Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Terlengkap 2024

×

2+ Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Terlengkap 2024

Share this article

Informasi mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi sangat penting diketahui agar baterai ponsel dapat tahan lama. Terlebih lagi keberadaan HP kini sangat dibutuhkan, baik untuk menunjang pekerjaan sehari-hari maupun berbagai kebutuhan lainnya.

Tips menghemat baterai memang cukup banyak, akan tetapi perlu dilakukan dengan benar. Sebab jika dipraktekkan secara benar maka secara otomatis juga akan menambah panjang umurnya.

Adapun untuk penjelasan selengkapnya mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi beserta informasi lainnya, silahkan simak uraian di bawah ini.

Baca Juga : Panggilan Darurat Xiaomi: Cara Menggunakan & Mematikan

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

cara menghemat baterai HP Xiaomi

Baterai adalah komponen yang penting dari sebuah handphone. Baterai dengan kapasitas daya lebih besar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Saat kalian sedang dalam perjalanan dan tidak memiliki akses ke sumber daya listrik, maka baterai handphone akan menjadi sumber daya yang sangat vital. 

Namun, baterai yang terus-menerus digunakan bisa mengalami penurunan kapasitas seiring dengan berjalannya waktu, sehingga akan sulit untuk menjaganya agar tahan lama. 

Oleh sebab itu sebagai solusinya, perlu bagi kalian untuk mengetahui informasi mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi.

Cara menghemat baterai HP Xiaomi sendiri dapat dilakukan dengan 2 opsi pilihan, yakni dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Berikut ulasannya.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Berikut beberapa cara mudah dan sederhana agar HP Xiaomi milikmu lebih hemat baterai tanpa aplikasi tambahan. Berikut beberapa prosedur yang harus kalian ikuti :

Aktifkan mode penghemat baterai

Secara bawaan, HP Xiaomi telah dilengkapi dengan fitur untuk menghemat baterai. Sehingga kalian tidak harus menginstall aplikasi penghemat baterai jika dirasa dapat menghabiskan memori internal.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut aplikasi yang memakan daya di latar belakang akan otomatis dimatikan. Selain itu, juga dapat menurunkan kinerja HP agar performanya lebih efisien.

Mematikan konektivitas yang tak diperlukan

Cara menghemat baterai HP Xiaomi tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan mematikan semua konektivitas yang dirasa tidak diperlukan.

Sebab, semua konektivitas dapat mengkonsumsi daya baterai. Sehingga, matikan semua fitur yang tidak digunakan. Di antaranya seperti WiFi, Bluetooth, GPS, Mi Share, Hotspot WiFi, dan lain-lain.

Baca Juga : Setting Opsi Pengembang Xiaomi Untuk Game & Gojek

Mengatur kecerahan HP

cara menghemat baterai HP Xiaomi

Cara yang juga cukup ampuh untuk menghemat baterai adalah dengan mengatur kecerahan atau brightness di HP. Sebab semakin besar kecerahan HP, maka semakin tinggi pula daya yang terpakai.

Solusinya, kalian bisa mengaktifkan fitur otomatis kecerahan. Fitur ini merupakan sensor di layar yang dapat mengenali terang atau gelap. Sehingga HP akan otomatis mengatur kecerahan

Menggunakan charger original

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan baterai Original. Cara ini terbilang sederhana namun sangat penting untuk diterapkan.

Dengan menggunakan charger original dapat membuat baterai lebih awet. Sebaliknya, saat kalian menggunakan charger abal-abal, maka baterai HP akan menjadi cepat rusak.

Menggunakan fitur mode gelap

Memakai fitur mode gelap pada HP Xiaomi ternyata cukup efektif digunakan pada ponsel Xiaomi dengan layar AMOLED. Dengan begitu, kalian tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lainnya. 

Saat mengaktifkan fitur mode gelap, maka tampilan HP pun akan dominan berwarna hitam. Mulai dari bar notifikasi sampai tampilan aplikasi akan berubah menjadi warna hitam.

Menonaktifkan mode getar

Menonaktifkan mode getar dapat menjadi solusi untuk mengatasi baterai HP yang cepat habis. Kalian tinggal buka menu Setelan, pilih opsi “Suara & getaran” dan terakhir “matikan semua opsi getar”.

Bersihkan File

Rajinlah untuk membersihkan ponsel dari file cache atau sampah agar tidak menumpuk. Selain dapat membuat HP lemot, terlalu banyak file cache di HP bisa membuat baterai cepat habis.

Hal ini akan semakin parah jika HP Xiaomi milikmu sudah kehabisan memori internal. Sebab kinerja ponsel akan menjadi lebih berat dan berujung akan membuat baterai HP menjadi boros.

Baca Juga : Kenapa HP Xiaomi Tiba Tiba Mati ? Ini Penyebabnya

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Aplikasi

cara menghemat baterai HP Xiaomi

Setelah membahas mengenai Cara menghemat baterai HP Xiaomi tanpa aplikasi, berikutnya kami juga akan memberikan opsi lain jika menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Berikut aplikasi rekomendasi yang dapat kalian coba : 

Battery Monitor

Rekomendasi aplikasi pertama adalah Battery Monitor yang dapat membantumu untuk memantau kondisi baterai secara real time.

Kalian bisa melihat mengenai kesehatan baterai, status pengisian daya, dan lainnya. Selain itu, ada juga fitur untuk memantau CPU dan RAM.

Selain itu, ada pula fitur ‘One Tap Boost’ yang berguna untuk menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan cepat. 

DU Battery Saver 

Aplikasi penghemat baterai yang paling populer saat ini adalah DU Battery Saver. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang mengunduhnya hingga kini sedikitnya 100 juta orang di seluruh dunia. 

Aplikasi ini mampu menghemat baterai hingga 50%. Selain itu, fitur-fitur di dalamnya juga sudah sangat lengkap seperti untuk menurunkan kecerahan layar dan lainnya.

Greenify

Aplikasi berikutnya adalah Greenify yang merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai terbaik pada tahun 2018 yang wajib untuk kalian coba. 

Pada awal kemunculannya aplikasi ini diperuntukkan pada HP yang memiliki akses root. Namun kini juga bisa digunakan tanpa akses root sekalipun. 

Menariknya, Greenify dapat membuat aplikasi masuk ke mode “hibernate” sehingga tidak berjalan di latar belakang dan membuat baterai menjadi lebih hemat.

Battery Booster Lite

Battery Booster Lite merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja dari baterai pada ponsel android. 

Dengan tampilan yang menarik, aplikasi ini dapat memantau proses maupun aplikasi yang menjadi penyebab baterai cepat habis dan juga menyediakan solusi untuk menjaga baterai tetap awet.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Keyboard Otomatis Xiaomi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa cara menghemat baterai HP Xiaomi. Semoga membantu.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">