Smart Tv

8+ Perbedaan Smart TV Dan Android TV Terbaru 2024

×

8+ Perbedaan Smart TV Dan Android TV Terbaru 2024

Share this article

Pertanyaan perihal perbedaan Smart TV dan Android TV mungkin masih menjadi menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat luas. Dari segi tampilan atau fisiknya sendiri memang tidak ada perbedaan yang cukup mencolok.

Namun jika dilihat berdasarkan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, kalian akan mendapatkan sejumlah perbedaan dari kedua jenis TV tersebut.

Nah untuk penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV bisa kalian simak artikel dibawah ini hingga tuntas.

Baca Juga : 6+ Rekomendasi Smart TV Samsung

Perbedaan Smart TV Dan Android TV

8+ Perbedaan Smart TV Dan Android TV Terbaru 2024

Pembaca mungkin sudah sering mendengar tentang Android TV dan Smart TV. Namun, apakah kalian tahu apa perbedaan Smart TV dan Android TV ? 

Sebagian orang menganggap keduanya sama karena sama-sama menggunakan akses internet. Kenyataannya, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Smart TV sendiri memiliki keunggulan lebih dibandingkan TV lainnya. Sebab bisa digunakan untuk menonton berbagai tayangan digital multi aplikasi, seperti Netflix, Prime Video hingga Youtube. 

Sementara, android TV merupakan bentuk penyempurnaan dari teknologi smart TV yang memiliki sistem operasi dan prosesor lebih canggih jika dibanding Smart TV pada umumnya. 

Agar lebih mudah dipahami, kalian bisa melihat secara lebih detail terkait perbedaan Smart TV dan Android TV berikut :

Tampilan pada Layar TV

Jika dilihat secara sekilas, tampilan pada smart TV tidak jauh berbeda dengan TV analog yang ada pada umumnya. Smart TV terlihat sederhana dan cenderung statis. 

Hal inilah yang membuat pengoperasiannya mudah dipahami bagi orang tua atau generasi baby boomers. Tak heran jika banyak diantara generasi tersebut yang lebih memilih Smart TV.

Berbeda dengan android TV yang memiliki tampilan antar muka yang jauh lebih kompleks dan cukup dinamis karena bis diatur sedemikian rupa layaknya smartphone. 

Tampilan jenis inilah yang lebih disukai generasi milenial dan generasi di atasnya, karena terlihat cukup ekspresif dan kekinian.

Program Aplikasi

Baik Smart TV maupun Android TV, keduanya sama-sama sudah didukung dengan sejumlah aplikasi populer terlebih pada platform streaming film. 

Bedanya Android TV memiliki aplikasi yang lebih bervariasi dan lebih banyak dibanding Smart TV. Hal ini berkat adanya dukungan Play Store yang ada pada sistem operasi tersebut.

Play Store di Android TV juga berfungsi untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi layaknya smartphone yang mereka gunakan.

Sedangkan, kebanyakan Smart TV menjalankan sistem operasi bawaan dari produsennya dimana hal ini yang menyebabkan aplikasi pada Smart TV menjadi terbatas. 

Baca Juga : Spesifikasi Samsung A25 5G

Jumlah Aplikasi

Jumlah aplikasi yang ada di android TV lebih banyak dan beragam. Hal ini disebabkan dukungan Google Play dari yang mana pengguna bebas install/uninstall aplikasi sesuai kebutuhan.

Sedangkan pada smart TV aplikasi yang disematkan sangatlah terbatas. Mereka hanya bisa mengoperasikan aplikasi bawaan yang telah terpasang sebelumnya di smart TV tersebut. 

Melakukan import aplikasi dari pihak ketiga pun cukup sulit, karena belum tentu kompatibel dengan OS yang ada. 

Kegunaan Remote TV

perbedaan Smart TV dan Android TV

Mungkin sekilas keberadaan remote fungsinya terlihat sama antara Smart TV dan Android TV. Padahal fungsi keduanya jauh berbeda. 

Remote pada Smart TV dapat digunakan untuk menjalankan program, hal tersebut karena semua programnya ada dalam satu paket.

Sementara untuk remote pada android TV adalah sistem operasinya saja. Jadi saat menggunakannya, kalian membutuhkan TV yang mendukung perangkat. 

Kalian pun harus menambahkan box khusus untuk menggunakannya. Jadi, remote yang digunakan ada 2 yaitu khusus untuk remote TV dan remote android.

Asisten Suara

Perbedaan Smart TV dan Android TV selanjutnya dapat dilihat dari adanya Asisten Google yang sudah terpasang di Android TV.

Hanya dengan melalui kontrol suara saja, pengguna Android TV bisa berpindah saluran dan mencari program dengan mudah. 

Namun sebaliknya, untuk pengguna Smart TV perlu memakai remot untuk mengetik apa yang mereka cari melalui keyboard di layar TV. 

Meski begitu, sebagian Smart TV juga sudah ada yang menggunakan kontrol suara, tetapi harus memasang perangkat tambahan terlebih dahulu seperti Alexa untuk mencapai teknologi tersebut.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Redmi 13

Screen Mirroring

Dilansir dari sumber terpercaya, Android TV didukung oleh fitur mirroring layar sehingga pengguna bisa melihat aplikasi favorit dari ponsel Android ke layar TV.

Fitur tersebut dapat memungkinkan karena adanya dukungan dari Asisten Google atau Chromecast (Google cast) bawaan dari Android TV.

Fitur Screen Mirroring inilah yang tidak memungkinkan untuk bisa dilakukan di Smart TV biasa tanpa bantuan dari perangkat pendukung lainnya.

Pembaruan Otomatis

Karena sistem operasi Android TV tidak berbeda jauh dengan HP Android, maka menjadikan aplikasi yang terpasang di dalamnya menjadi mudah mendapatkan pembaruan. 

Terlebih jika Android TV terhubung dengan WiFi, maka sudah pasti akan menawarkan berbagai pembaharuan aplikasi secara otomatis. Hal inilah yang sulit diperoleh dari Smart TV.

Konektivitas TV

Perbedaan Smart TV dan Android TV yang terakhir dapat dilihat dari konektifitasnya, dimana android TV dilengkapi dengan bluetooth dan Chromecast untuk menghubungkan perangkat lain dengan TV.

Chromecast sendiri merupakan fitur buatan Google yang berguna untuk mencerminkan layar dari perangkat PC atau smartphone ke layar TV secara seamless tanpa kabel. 

Sementara pada smart TV untuk melakukan hal yang sama, hanya bisa dilakukan menggunakan kabel seperti HDMI, kabel RCA dan USB.

Perbedaan Smart TV Dan Android TV Harga

Dari pemaparan diatas yang membahas mengenai perbedaan Smart TV dan Android TV, dapat disimpulkan bahwa android TV jauh lebih unggul jika dibandingkan Smart TV. 

Lantas apakah harga keduanya terpaut jauh ? Harga smart TV di pasaran dapat berkisar mulai Rp2 jutaan. Sementara untuk Android TV berkisar 3-10 jutaan untuk spek yang lebih unggul.

Baca Juga : Spesifikasi Xiaomi Redmi 13: Harga Dan Keunggulan

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai sejumlah perbedaan Smart TV dan Android TV. Sekian dan terimakasih.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">