Smart Tv

7+ Perbedaan TV Digital Dan Smart TV Terlengkap 2024

×

7+ Perbedaan TV Digital Dan Smart TV Terlengkap 2024

Share this article

Apakah kalian tahu mengenai Perbedaan TV Digital dan Smart TV ? Tidak dapat dipungkiri, bahwa memahami perbedaan antara TV Digital dan Smart TV bisa sangat membingungkan. Terlebih lagi bagi masyarakat awam.

Sebagian orang menganggap TV digital sama saja dengan smart TV, padahal keduanya dikatakan berbeda, sebab penggunaannya pun ada yang harus mengandalkan akses internet dan tidak

Nah agar lebih mudah dipahami, pembaca dapat melihat secara lebih detail terkait perbedaan TV Digital dan Smart TV pada uraian dibawah ini.

Baca Juga : 8+ Rekomendasi Smart TV Murah

Perbedaan TV Digital Dan Smart TV

Perbedaan TV Digital Dan Smart TV

Perlu diketahui bahwa kini sudah terdapat banyak pilihan jenis TV. Namun jangan sampai salah pilih antara TV Digital dan Smart TV,

Dari fisik dan tampilannya memang keduanya memang terlihat sama, namun dari teknologi di dalamnya jelas sekali memiliki perbedaan.

TV digital sendiri adalah televisi yang mengandalkan sinyal digital untuk menayangkan gambar. Karena menggunakan sinyal digital, maka program yang ditayangkan jauh lebih jernih dibandingkan TV analog.

Sementara, untuk smart TV adalah jenis televisi yang terhubung dengan akses internet dan memiliki fitur-fitur mirip dengan komputer, seperti contohnya browser web, aplikasi, dan sistem operasi.

Lalu apa saja perbedaan TV Digital dan Smart TV ? Berikut informasinya : 

Sinyal

Perbedaan TV Digital dan Smart TV yang pertama dapat dilihat dari sinyalnya. TV digital menangkap sinyal digital yang bisa menampilkan gambar lebih jernih dan tajam. 

Singkatnya, TV Digital mempunyai cara kerja yang mirip dengan TV analog. Bedanya, TV analog mengandalkan sinyal dari antena eksternal. 

Sementara TV Digital memiliki antena sendiri dan hanya mengandalkan sinyal digital. Berbeda dengan Smart TV yang mengandalkan akses internet.

Untuk menikmati Smart TV, pengguna perlu menyambungkan TV dengan akses internet. Sehingga kalian bisa mengakses lebih banyak media hiburan seperti web browser hingga aplikasi streaming.

Koneksi internet

Sudah disinggung di atas bahwa penggunaan koneksi internet dapat dikatakan menjadi perbedaan yang cukup mencolok antara keduannya.

TV digital belum mendukung fitur smart seperti aplikasi streaming sehingga dalam pengoperasiannya tidak memerlukan koneksi internet dan tayangan hiburan terbatas hanya dari siaran digital saja. 

Sebaliknya smart TV yang membutuhkan akses internet bisa menjelajah tayangan atau konten-konten lainnya melalui aplikasi seperti Youtube, Mola, Netflix, dan lainnya.

Baca Juga : 5+ Rekomendasi Smart TV LG

Penggunaan Antena 

Perbedaan TV Digital Dan Smart TV

Kehadiran antena yang dipakai oleh TV digital biasanya menggunakan jenis dalam. Sedangkan, antena smart TV menggunakan parabola. 

Parabola tersebut ada yang di dalam maupun luar, sehingga akan memberi pemenuhan kebutuhan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Tayangan Hiburan

Perbedaan TV Digital dan Smart TV selanjutnya yakni pada banyaknya opsi tayangan yang tersedia. Biasanya pada TV digital, anya mendapatkan tayangan dari siaran digital saja. 

Hal ini berbeda dengan smart TV yang dapat lebih luas dalam mengakses tayangan, yakni bisa dari aplikasi lain yang disediakan. 

Jika sudah mendukung Android OS kalian juga bisa mengunduh aplikasi lain seperti aplikasi streaming film, musik, sampai game sekalipun melalui Playstore. 

Sehingga dapat dikatakan dengan menggunakan smart TV, jangkauan hiburan kalian dijamin lebih luas.

Status Siaran

Perlu diketahui bahwa TV Digital memiliki ciri khas saat sinyal yang ditangkap kurang baik. Jika sinyal yang ditangkap baik, maka akan ada status “Terima”. 

Itu menandakan bahwa perangkat dalam TV Digital bisa menerima sinyal dengan baik. Sebaliknya, jika sinyal yang diterima oleh perangkat tidak baik, akan muncul status “Tidak”. 

Berbeda dengan Smart TV yang sudah dilengkapi dengan fitur DVB-T2, sehingga memungkinkan untuk langsung menangkap siaran digital dan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih.

Baca Juga : 3+ Rekomendasi Xiaomi Smart TV

Jenis TV

Pada umumnya, sebagian besar jenis TV digital merupakan smart TV, karena kehadirannya sudah didukung oleh teknologi masa kini. 

Bahkan tidak sedikit juga TV digital yang sudah termasuk smart TV juga, sehingga kecanggihannya tidak perlu diragukan lagi. 

Sedangkan smart TV tidak semuanya merupakan TV digital sebab keluarnya lebih lama. Maka, sebagian smart TV termasuk jenis TV digital.

Harga

Perbedaan TV Digital dan Smart TV yang paling kentara dapat dilihat dari harga yang ditawarkannya. Perlu diketahui bahwa biaya akuisisi Smart TV cenderung lebih tinggi dibanding Digital TV. 

Meskipun demikian, Smart TV menawarkan lebih banyak akses ke tayangan televisi melalui internet yang tidak bisa kalian temukan pada Digital TV. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Digital TV ini lebih cocok untuk orang yang cenderung lebih memilih apa yang disiarkan di televisi.

Fitur Pendukung 

Perbedaan TV Digital dan Smart TV yang terakhir yaitu dapat juga dilihat dari fitur pendukung yang tersedia pada keduanya.

TV digital memiliki  fitur pendukung bernama DTV atau pencarian siaran digital. DTV sendiri digunakan untuk mencari saluran TV digital sehingga kalian tidak membutuhkan bantuan Set Top Box (STB). 

DTV ini dapat memberikan kemudahan untuk mengonversi sinyal digital yang diterima ke dalam suara dan gambar untuk ditayangkan pada TV digital.

Fitur tersebut belum tentu ada dalam semua smart TV, sebab tidak semua jenis smart TV dapat digolongkan sebagai TV digital. 

Maka, tidak heran jika terdapat banyak orang yang menggunakan smart TV namun tidak mengandalkan koneksi internet akan membutuhkan set top box.

Baca Juga : 5+ Rekomendasi Coocaa Smart TV

Bagaimana? Sudahkah kalian memahami perbedaan TV Digital dan Smart TV setelah membaca ulasan yang telah diuraikan di atas? 

Jika melihat perbandingan antara kedua televisi tersebut, tidak heran jika kalian berpikir bahwa smart TV lebih unggul dibanding TV digital. 

Sebab, dengan smart TV kalian bisa menikmati lebih banyak tayangan melalui smart TV, bahkan kalian juga bisa menonton film yang belum tentu disiarkan melalui sinyal digital.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">