Iphone

3 Cara Check Coverage Apple Terupdate 2024

×

3 Cara Check Coverage Apple Terupdate 2024

Share this article

Cara check coverage Apple penting untuk diketahui agar bisa melihat garansi. Tentu saja garansi yang masih aktif akan membantumu jika terjadi apa-apa pada iPhone yang kalian miliki sehingga bisa meminimalisir kekhawatiran akan keluar banyak uang. 

Bagi pembaca yang sudah memakai iPhone sejak lama, mungkin sudah tahu fitur Coverage ini. Namun bagi pengguna baru, tentu akan kebingungan. Oleh karenanya, langsung saja ketahui pada pembahasan Cara check coverage Apple dibawah ini.

Baca Juga : 2+ Cara Membuat Nama Di Layar Kunci HP Realme

Cara Check Coverage Apple

Cara check coverage Apple

Bagi para pengguna baru iPhone wajib mengetahui dan memahami cara check coverage Apple. Dengan melakukan coverage tersebut, perlindungan pada ponsel akan lebih maksimal.

Pasalnya saat ini banyak sekali oknum-oknum penjual HP Iphone yang memberikan harga murah dengan garansi black market atau dapat dikatakan dari penjualan tidak resmi. 

Lantas bagaimana Cara check coverage Apple ? 

Sebenarnya caranya cukup mudah, bahkan bagi pengguna baru bisa dicoba secara mandiri tanpa harus repot minta bantuan teman terlebih sampai harus telepon call center.

Namun sebelum beralih pada topik utama tersebut, ketahui lebih dulu mengenai apa itu coverage di Iphone. Coverage iPhone adalah fitur yang bisa melihat masa garansi dari perangkat tersebut. 

Sehingga kalian bisa melihat status perangkat, apakah iPhone masih di cover garansi atau sudah tidak. Statusnya sendiri berupa tanggal garansi berakhir. Juga ada jenis garansi apa saja yang bisa diklaim.

Apabila masih tercover garansi, kalian tinggal datang saja ke service center resmi agar bisa mendapatkan penanganan dari keluhan maupun kerusakan pada iPhone tersebut.

Berbicara mengenai Cara check coverage Apple pada umumnya bisa dilakukan dengan beberapa metode pilihan. Dengan begitu, kalian bisa memilih metode yang dirasa paling mudah.

Berikut beberapa diantaranya : 

Cara Check Coverage Apple Melalui Pengaturan

Metode pertama untuk mengecek coverage apple adalah melalui menu pengaturan atau setting yang ada di iPhone milikmu. 

Untuk cara mengeceknya sendiri sangat mudah, sebab fitur Coverage ini tersedia di menu Pengaturan iPhone. Nantinya semua informasi mengenai garansi iPhone akan ditampilkan.

Berikut untuk langkah-langkah yang bisa coba kalian ikuti : 

  1. Langkah pertama buka menu “Settings”
  2. Kemudian silahkan pilih menu “General”
  3. Tekan menu “About” dan klik “Limited Warranty”
  4. Nantinya tanggal Garansi Expired akan muncul di layar
  5. Ada juga “Coverage Details”  yang berisi jenis garansi yang bisa di cover 

Baca Juga :  2+ Cara Membuat Nama Di Layar Kunci HP Realme

Cara Check Coverage Apple Melalui Website

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk cek coverage Apple adalah melalui website resmi Apple. Prosedurnya sendiri adalah sebagai berikut :  

  1. Kunjungi website resmi https://checkcoverage.apple.com/id/id/
  2. Di kolom “Enter Your Serial Number”, input Serial Number HP iPhone
  3. Di bagian “Please Enter The Code”, input kode yang ada di gambar 
  4. Pastikan kode yang kalian masukkan sudah benar
  5. Jika kode kurang jelas, silahkan klik “Refresh Code”
  6. Setelah kode yang dimasukkan benar, tekan “Continue”
  7. Tunggu hingga hasilnya ditampilkan pada layar peramban

Cara Check Coverage Apple Melalui Aplikasi Apple Support

Selain melalui website resminya, kalian juga bisa cek coverage Apple melalui aplikasi “Apple Support” yang bisa didownload secara gratis di App Store. 

Berikut langkah-langkah selengkapnya : 

  1. Download aplikasi “Apple Support” di App Store
  2. Buka akses aplikasi Apple Support tersebut
  3. Langkah selanjutnya pilih menu “Products”
  4. Pilih produk Apple yang ingin kamu cek coverage-nya
  5. Input serial number produk Apple yang ingin di cek coverage nya
  6. Terakhir, silahkan klik “Continue”

Jenis Garansi Iphone

Cara check coverage Apple

Setelah membahas mengenai Cara check coverage Apple, pada pembahasan kali ini kami juga akan sampaikan terkait apa saja jenis garansi yang ada.

Tentunya kalian tidak ingin kan tertipu dengan membeli iPhone yang tidak resmi ? Nah, dengan memahami informasi ini akan membantumu dalam mengatasi masalah tersebut.

Adapun berikut jenis-jenis garansinya : 

Garansi Resmi

Pada garansi resmi ini, pihak perusahaan Apple akan memberikan langsung kepada distributor dalam suatu negara. Biasanya jangka waktu yang diberikan cukup lama untuk setiap garansi nya.

Garansi Internasional

Jika kalian memilih iPhone dengan garansi internasional, maka kalian bisa mengklaim garansi di seluruh authorized reseller Apple seluruh dunia. 

Jenis garansi ini lah yang paling fleksibel. Biasanya untuk mendapatkan garansi ini, kalian harus membeli produk iPhone dari luar negeri yang resmi.

Baca Juga :  3+ Cara Mengecek Touchscreen Realme

Garansi Distributor

Untuk garansi distributor dapat dikatakan jauh berbeda dengan garansi resmi, sebab garansi seperti ini yang memasok produk Apple ke wilayah secara tidak resmi. 

Sehingga jika menggunakan garansi ini kalian hanya bisa meng klaim pada pihak distributor nya saja, dan bukan langsung pada pihak center resmi Apple.

Garansi Toko Atau Penjual

Selanjutnya adalah garansi toko / penjual, produk Apple yang ditawarkan ini biasanya berasal dari Black Market dan pihak toko hanya berani memberikan garansi selama 1 bulan saja.

Untuk harga yang ditawarkan dari iPhone dengan menggunakan garansi toko ini akan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan garansi resmi nya.

iPhone Refurbish

Garansi refurbish adalah sebuah rekondisi ulang yang dilakukan oleh pihak Apple. Garansi yang ditawarkan full dari pihak Apple, namun mesin yang dipakai sebagai sistem nya adalah bekas.

iPhone Rekondisi

Untuk jenis garansi iPhone rekondisi ini bentuk sparepart yang dipakai pihak iPhone adalah bekas yang dibentuk ulang sehingga sekilas terlihat seperti baru.

Biasanya, jenis iPhone tersebut sudah tidak laku di luar negeri, misalnya seperti jenis iPhone CDMA, 4, 4S, dan 5. Jenis-jenis tersebut biasanya diberikan garansi selama 1 tahun.

iPhone Rekondisi BM 

Jika iPhone rekondisi yang diberikan memiliki garansi selama 1 tahun, namun untuk iPhone rekondisi BM ini hanya diberikan garansi selama 1 bulan saja. 

Berbicara harga, tentu iPhone jenis ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone yang bergaransi distributor. 

Baca Juga : 4 Rekomendasi Harga Laptop Apple

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait Cara check coverage Apple. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">