Tech

6 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

×

6 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Share this article

Sebelum mencoba untuk apply pekerjaan pastikan sudah memahami cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. 

Dalam menulis lamaran kerja tidak boleh sembarangan apalagi jika format suratnya tidak beraturan. 

Jika lamaran kerja yang dibuat terkesan sopan dan menarik tentunya akan menjadi nilai positif bagi pihak HRD. 

Lalu bagaimana cara membuat lamaran kerja yang baik? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca Juga : 5 Cara Membuat Daftar Pustaka Termudah

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin kompetitif, banyak kualifikasi yang harus dipenuhi pihak pelamar untuk bisa lolos di suatu pekerjaan. 

Untuk memperbesar peluang diterima dalam pekerjaan, pelamar harus mempersiapkan semua aspek sebaik mungkin. 

Selain menyiapkan CV (Curriculum Vitae), penulisan surat lamaran kerja juga harus diperhatikan pihak pelamar. 

Surat lamaran kerja adalah sebuah dokumen yang berisi ketertarikan pelamar terhadap pekerjaan yang ditawarkan. 

Isi dalam surat lamaran harus menjelaskan secara singkat mengenai diri sendiri baik secara pribadi maupun professional. 

Dalam surat lamaran tersebut harus mencantumkan keterampilan dan kinerja sesuai dengan posisi yang dituju. 

Jika penulisan surat lamaran kerja akurat maka akan memperbesar peluang pihak HRD (Human Resource Development) untuk melirik lamaran yang telah dibuat. 

Isi dari surat ini harus bisa menjelaskan mengapa pihak perusahaan harus mengundang pelamar untuk bisa menjalani sesi wawancara. 

Surat ini juga memiliki peran sebagai media yang menampilkan kualitas serta kemampuan pribadi sebagai professional. 

Nilai positif dari surat lamaran kerja akan bertambah saat ditambahkan dengan aspirasi mengenai perusahaan yang menjadi target. 

Maka dari itu cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan efektif harus diperhatikan sebelum apply ke perusahaan.

Baca Juga : 5 Cara Mengecek NPWP Aktif, Mudah dan Efektif

Isi Surat Lamaran Kerja 

Agar lebih memahami mengenai cara membuat surat lamaran kerja, pihak pelamar harus mengetahui apa saja isi di surat tersebut. 

Jika isi surat lamaran memenuhi semua unsur yang diminta maka peluang diterimanya juga semakin besar. Berikut isi dari surat lamaran kerja yang harus ada: 

1. Menuliskan tanggal dan tempat 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran kerja yang pertama adalah menuliskan tanggal dan tempat yang diposisikan di bagian kanan atau kiri atas surat lamaran kerja. 

Penulisan tanggal dan tempat di surat lamaran kerja tidak boleh disingkat, contohnya adalah Jakarta, 10 September 2023. 

2. Tuliskan tujuan surat

Pihak pelamar juga harus mengetahui kepada siapa surat lamaran tersebut disampaikan agar sampai ke tujuan dengan tepat. 

Sebelum menuliskan nama serta jabatan penerima jangan lupa untuk menuliskan tambahan “Yth” atau “yang terhormat” terlebih dahulu. 

Ada baiknya juga pihak pelamar mengetahui nama serta jabatan penerima surat lamaran kerja jadi penulisannya menjadi lebih personal. 

Selanjutnya setelah melengkapi dengan tujuan penulisan surat lengkapi juga dengan nama perusahaan dan alamatnya di bagian bawahnya. 

3. Beri salam pembuka dan pengantar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran kerja selanjutnya adalah dengan melengkapi surat dengan salam pembuka serta pengantar. 

Sebaiknya menggunakan kata-kata yang universal, misalnya dengan hormat, selanjutnya jelaskan tentang info lowongan pekerjaan yang dilamar. 

4. Berikan data diri

Dalam surat lamaran lengkapi juga dengan identitas diri yang memuat informasi penting mengenai data diri. 

Informasi yang dituliskan meliputi nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, riwayat Pendidikan, alamat email serta nomor handphone.

Baca Juga : 3 Cara Daftar MyPertamina Termudah

5. Lengkapi dengan pengalaman kerja dan kemampuan 

Setelah data diri dicantumkan dengan lengkap, cara membuat surat lamaran kerja berikutnya adalah dengan melengkapi dengan pengalaman kerja serta kemampuan. 

Pihak pelamar bisa menjelaskan secara rinci pengalaman dan keahlian yang relevan dengan bidang yang dilamar. 

Bagian ini penting agar pihak HRD bisa melakukan pertimbangan mengenai kemampuan yang dimiliki pelamar agar sesuai dengan kebutuhan pihak perusahaan. 

Melengkapi surat lamaran dengan keahlian juga bisa memudahkan pihak HRD sat mengecek sertifikat yang dilampirkan di surat lamaran kerja.

6. Bagian penutup 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran kerja yang terakhir adalah membuat kalimat penutup yang berisi harapan pihak pelamar. 

Isinya mengenai harapan agar perusahaan mempertimbangkan sebaik mungkin untuk meneruskan ke tahapan berikutnya, yaitu wawancara. 

Jangan lupa untuk melengkapi dengan ucapan terima kasih karena pihak penerima sudah berkenan membaca surat lamaran kerja yang dikirim. 

Di bagian akhir lengkapi juga surat lamaran kerja yang dibuat dengan tanda tangan serta nama lengkap tepat pada bagian bawah penutup. 

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah memahami cara membuat surat lamaran kerja yang baik, pihak pelamar bisa langsung mencoba untuk mengaplikasikannya di surat yang ditulis. 

Berikut contoh surat lamaran kerja dengan susunan yang benar dan menarik yang bisa dijadikan sebagai referensi: 

Jakarta, 17 Agustus 2023 

Hal: Lamaran Pekerjaan 

Kepada 

Yang, saya hormati 

Bapak/ Ibu Pimpinan 

PT Sejahtera Abadi 

Jalan Perjuangan No.45 Jakarta Barat 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari media sosial Instagram Lowongan Kerja Jakarta pada 10 Agustus 2023, perusahaan bapak/ ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan untuk menjadi staff mechanic di perusahaan Bapak/ Ibu, berikut data diri saya: 

Nama: Muhammad Rayhan 

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta 19 Januari 1998. 

Pendidikan Terakhir: S-1 Teknik Mesin 

Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No.15, Jakarta Barat. 

Telepon: 085612369575

Email: rayhanmuhammad1997@gmail.com 

Saya mempunyai pengalaman kerja sebagai staff mechanic selama 4 tahun yang telah mengusai pengetahuan mengenai desain, pemeliharaan, perbaikan dan instalasi mesin. Mampu melakukan tindakan preventif, maintenance serta perbaikan mesin produksi dan fasilitas penunjang pabrik lain yang memiliki sifat mekanikal dan elektrik. Mahir dalam desain mekanik perangkat lunak  serta pengujian diagnostic dan memiliki kemampuan analitis untuk berpikir kritis untuk memecahkan masalah. 

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Facebook Work 100%

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen: 

  • Curriculum Vitae
  • Resume Kerja
  • Sertifikat Pendukung
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • Fotocopy transkrip nilai
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Pas Foto 4×6 
  • Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, besar harapan saya agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Ttd.

Muhammad Rayhan

Itulah cara membuat surat lamaran kerja yang sesuai, semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">