Xiaomi

5+ Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terlengkap 2024

×

5+ Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terlengkap 2024

Share this article

Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi perlu diketahui oleh setiap pengguna. Sebab fitur ini dapat memungkinkan mereka untuk mengisi daya baterai HP Xiaomi lebih cepat dari teknologi pengisian daya konvensional.

Namun demikian, ternyata masih banyak diantara pengguna yang belum mengetahui prosedur lengkapnya dan cara untuk memaksimalkan kinerja fast charging tersebut.

Untuk itu, agar kalian dapat memahaminya, silahkan simak lebih lengkap uraian di bawah ini perihal Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi dan informasi lainnya.

Baca Juga : 3 Cara Memulihkan HP Xiaomi Setelah Di Reset

Fast Charging Xiaomi

Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi

Sebelum membahas tentang Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi, pertama-tama pembaca harus memahami apa itu yang dimaksud fast charging.

Fast charging sendiri merupakan fitur pengisian cepat yang dihadirkan oleh perusahaan Xiaomi. Fitur ini dapat memungkinkan pengisian ulang baterai dengan waktu yang relatif singkat. 

Namun meski hanya membutuhkan waktu singkat untuk melakukan pengisian ulang baterai, durasi penggunaan perangkat ponsel tetap maksimal.

Perlu diketahui bahwa teknologi fast charging memiliki beberapa generasi. Tentunya setiap generasi memiliki kecepatan pengisian daya yang berbeda-beda. 

Berikut beberapa generasi dari fitur fast charging :

Quick charging generasi pertama 

Teknologi ini dikeluarkan pada tahun 2013. Dengan fitur quick charging generasi pertama pengguna bisa mengisi baterai 40% lebih cepat dari sebelumnya. 

Namun tidak semua seri HP Xiaomi bisa menggunakan fitur ini, sebab hanya smartphone yang mempunyai prosesor SnapDragon saja yang dilengkapi dengan teknologi quick charging.

Fast charging generasi kedua

Dengan generasi kedua, kalian mampu mengisi daya perangkat hingga 60% dalam setengah jam. Dalam teknologi ini, pengguna harus menggunakan catu daya dengan tegangan 9 V dan daya 2 A.

Fast charging generasi ketiga

Seri ketiga lebih dikenal dengan sebutan generasi Kontrol cerdas. Seri yang satu ini bisa mendukung prosesor untuk memilih voltase yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu

Fast charging generasi keempat

Seri terakhir dapat mendukung pengguna yang ingin mengisi melebihi dari setengah kapasitas baterai dalam waktu seperempat jam. 

Baca Juga : Estimasi Biaya Servis HP Xiaomi Yang Rusak

Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi

Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi

Kini melalui penjelasan diatas, pembaca sudah tahu tentang apa itu fast charging, sekarang mari kita bahas tentang Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi.

Berikut adalah beberapa metode yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan fitur fast charging di smartphone Xiaomi milikmu.

Menggunakan Charger Original

Syarat wajib untuk melakukan Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi adalah adaptor charger harus sudah mendukung fast charging. 

Setelah sudah menyiapkan syarat diatas, maka kalian bisa segera mengaktifkan fitur fast charging dengan melakukan proses charging seperti biasa.

Berikut tahapan dari cara mengaktifkan Fast Charging Xiaomi menggunakan Charger Original :

  • Langkah pertama, colokkan adaptor ke stop kontak
  • Selanjutnya sambungkan USB ke input khusus yang ada pada adaptor 
  • Colokkan ujung belakang kabel agar terhubung ke gadget

Jika model HP, firmware, dan pengisi daya yang kalian punya original, maka fitur fast charging akan menyala dengan sendirinya

Mengaktifkan mode pesawat

Pada saat mengisi daya ponsel, aktifkan mode pesawat agar pengisian baterai lebih optimal. Hal ini bekerja dengan mengurangi beban kerja ponsel.

Close aplikasi yang berjalan

Hampir serupa dengan mode pesawat, saat pengisian daya ponsel usahakan kalian mengeluarkan aplikasi-aplikasi yang dapat menghabiskan daya baterai banyak.

Pengguna bisa pilih “close” untuk membersihkan aplikasi yang sedang berjalan atau juga bisa tekan tombol recent app terus klik “silang” agar aplikasi tertutup semua.

Oprek android (ganti kernel, ganti custom ROM)

Metode ini khusus untuk HP Xiaomi yang belum mendukung fast charging secara software. Tentu tahapannya tidaklah mudah bagi pengguna yang terbilang awam soal android.

Mengingat oprek android ini adalah salah satu hal yang berbahaya, jika gagal maka HP Xiaomi milikmu bisa mengalami bootlop atau bahkan mati total.

Menggunakan Developer Mode

Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi yang terakhir yakni dengan menggunakan developer mode. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan : 

  1. Langkah pertama, buka “developer mode”
  2. Masuk ke dalam “pengaturan” dan klik “tentang ponsel”
  3. Aktifkan developer mode dengan tekan “Tab MIUI Version” 
  4. Kalian akan mendapatkan notifikasi aktifnya developer mode 
  5. Setelah aktif, kembalilah ke menu setting utama 
  6. Scroll ke bawah dan pilih “additional setting / setelan tambahan”
  7. Scroll lagi kebawah dan klik pilihan “opsi pengembang”
  8. Aktifkan 2 pengaturan “paksa 4x MSAA & batas proses latar belakang”
  9. Proses selesai

Baca Juga : 2 Cara Menjadikan Google Chrome Sebagai Default Browser Di Xiaomi

Manfaat Fast Charging Xiaomi

Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi

Fitur fast charging menawarkan sejumlah manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna HP Xiaomi antara lain sebagai berikut :

Waktu Tidak Terbuang

Sebelum adanya fitur fast charging, pengisian daya memerlukan waktu lama dan hal itu sangat tidak efisien dan dianggap membuang-buang waktu.

Di sisi lain mobilitas pengguna ponsel semakin hari kian cepat. Dengan adanya fast charging dapat memungkinkan pengguna agar tidak ketergantungan dengan soket dan kabel terlalu lama.

Memaksimalkan Penggunaan Smartphone

Perangkat ponsel yang tidak difasilitasi fitur fast charging, maka penggunaannya tidak bisa maksimal. Sebab, ponsel harus berada di sumber listrik dalam waktu yang cenderung lama.

Bahkan kini sudah ada produsen yang menawarkan fast charging dengan kecepatan 45W-150W. Semakin cepat kecepatannya, maka baterai HP juga akan semakin cepat terisi penuh.

Baterai Lebih Awet

Manfaat yang lainnya fast charging diklaim bisa meningkatkan usia baterai pada HP dibanding dengan pengisian daya yang biasa. 

Tentu ini akan melindungi integritas paket baterai di dalam ponsel, sehingga dapat membantu mengelola pembuangan panas dan lonjakan daya yang bisa menyebabkan sirkuit terbakar. 

Baca Juga : 3+ Cara Membersihkan Sampah Di HP Xiaomi

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa Cara mengaktifkan fast charging Xiaomi. Semoga dapat bermanfaat.

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News
data-ad-slot="5688526825" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">